TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH : MANAJEMEN AGRIBISNIS
BENTUK – BENTUK
PASAR
RAHMA NINGSI
I 111 12 295
FAKULTAS
PETERNAKAN
UNIVERSITAS
HASANUDDIN
MAKASSAR
2015
Bentuk-Bentuk Pasar
1.
Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan sempurna merupakan
struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah
struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau
jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan
sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis
industri yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna
yang murni, yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori.
Yang ada adalah yang mendekati ciricirinya, yaitu struktur pasar dari berbagai
kegiatan disektor pertanian. Namun demikian, walaupun pasar persaingan sempurna
yang murni tidak wujud di dalam praktek.
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai
struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan
setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-Ciri
Pasar Persaingan Sempurna
Ø Setiap perusahaan adalah “pengambil
harga”
Artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat
menentukan atau merubah harga pasar. Adapun perusahaan di dalam pasar tidak
akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga barang di
pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan
pembeli.
Ø Setiap perusahaan mudah keluar atau
masuk
Artinya sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin
meninggalkan industri tersebut, langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya
apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut.
Produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan tersebut.
Ø Setiap perusahaan menghasilkan
barang yang sama
Artinya
bahwa barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk
dibeda-bedakan. Pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh
produsen A atau B.
Ø Banyak perusahaan dalam pasar
Artinya
karena jumlah perusahan sangat banyak dan relatif kecil jika dibandingkan
dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan kenaikan atau
penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar
tersebut.
Ø Pembeli mempunyai pengetahuan yang
sempurna tentang keadaan di pasar
Artinya
bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahanperubahan ke
atas harga tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual barangnya dengan
harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
Adapun
kelebihan dari Pasar persainag sempurna adalah sebgai berikut:
Ø Karena biaya yang tidak terlalu tinggi,
penjual bebas membuka maupun meenutup usahanya.
Ø Barang yang tersedia di pasar
banyak.
Ø Penjual dan pembeli mencapai
kepuasan maksimum.
Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Ø Penjual tidak dapat memaksimalkan
laba Karena laba di tentukan oleh pembeli.
Ø Hanya ada dalam kondisi Perekonomian
ideal.
Ø Pasar persaingan sempurna tidak
mendorong inovasi
Ø Pasar persaingan sempurna adakalanya
menimbulkan biaya sosial
Ø Pasar persaingan sempurna membatasi
pilihan konsumen
Ø Biaya produksi dalam pasar
persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Ø Distribusi pendapatan tidak selalu
merata
2.
Pasar Monopoli
Pasar
Monopoli (dari
bahasa Yunani: monos, satu +
polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar?
di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada
pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “Monopolis”.
Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja
dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang penganti
yang sangat dekat. Biasanya keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan Monopoli
adalah keuntungan yang melebih normal dan ini diperoleh karena terhadap
hambatan yang sangat tangguh yang di hadapi perusahan – perusahaan lain untuk
memasuki industri tersebut.
Sebagai penentu harga
(price-maker), seorang Monopoli dapat
menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan
diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang
tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki
suatu keterbatasan dalam penetapan harga.
Ciri
– ciri Pasar monopoli
Ø Pasar Monopoli adalah industri satu
perusahan
Ø Tidak mempunyai barang panganti yang
mirip
Ø Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk dalam industri
Ø Dapat mempengaruhi penentuan harga
Promosi iklan kurang diperlukan
Faktor – faktor yang mempengaruhi
Pasar Monopoli
Ø Perusahaan monopoli mempunyai sumber
daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
Ø Perusahaan monopoli pada umumnya
dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
Ø Perusahaan monopoli wujud dan
berkembang mulalui UU dan peraturan pemerintah.
3.
Pasar Persaingan Monopolistis
Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya adalah pasar
yang berada diantar dua jenis pasar yang ekstrem yaitu pasar persaingan
sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu sifat – sifatnya mengandung unsur – unsur
pasar monopoli dan pasar persaingan monopolistis dapat didefenisikan sebagai
suatu pasar dimana banyak produsen yang
mengahasilkan barang yang berbeda corak (diferentetiated
product).
Kemudian dapat di katagorikan pula dari Pasar persaingan
Monopolistis adalah pasar dangan banyak penjual yang menawarkan suatu jenis barang
dengan dieffisiensi produk yang berbeda – beda dari segi berkualitas bentuk dan
ukuran, contohnya Obat – obatan.
Ciri – ciri Pasar persaingan
monopolistis
Ø Terdapat banyak penjual.
Ø Produsen dapat mempengaruhi harga.
Ø Produsen lain mudah memasukkan
pasar.
Ø Promosi penjualan aktif.
4.
Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil dari
perusahaan. Biasanya struktur dari industri dealam pasar oligopoli adalah :
·
terdapat
beberapa perusahaan raksasa yang menguasai
sebagian besar pasar oligopoli
·
Terdapat
pula beberapa perusahaan kecil.
Beberapa perusahaan golongan pertama (yang menguasai pasar)
sangat mempengaruhi satu sama lain karena keputusan dan tindakan oleh salah
satu daripadanya sangat mempengaruhi perusahan lainnya.
Ciri – ciri Pasar Oligopoli
Ø Menghasilkan barang standar maupun
barang berbeda corak
Ø Kekuasaan menetukan hargaa
adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
Ø Pada umumnya perusahaan oligopoli
perlu melakukan promosi secara iklan.
Faktor
– faktor yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar Oligopoli
Ø Skala
ekonomi;
Ø Perbedaan
biaya produksi;
Ø Sifat –
sifat yang mempunyai keistemewaan yang suka diimbangi dangann perusahaan baru;
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2010. Makalah Ekonomi Macam-Macam
Pasar. http://fataabdar.blogspot.com/2010/12/makalah-ekonomi-macam-macam-pasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar