Kamis, 25 Februari 2016

BENTUK – BENTUK PASAR

TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH : MANAJEMEN AGRIBISNIS






BENTUK – BENTUK PASAR






RAHMA NINGSI
I 111 12 295

















FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2015
Bentuk-Bentuk Pasar
1.      Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni, yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori. Yang ada adalah yang mendekati ciricirinya, yaitu struktur pasar dari berbagai kegiatan disektor pertanian. Namun demikian, walaupun pasar persaingan sempurna yang murni tidak wujud di dalam praktek.
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Ø  Setiap perusahaan adalah “pengambil harga”
Artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau merubah harga pasar. Adapun perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga barang di pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli.


Ø  Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Artinya sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tersebut, langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut. Produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan tersebut.
Ø  Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama
            Artinya bahwa barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh produsen A atau B.
Ø  Banyak perusahaan dalam pasar
            Artinya karena jumlah perusahan sangat banyak dan relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan kenaikan atau penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar tersebut.
Ø  Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar
            Artinya bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahanperubahan ke atas harga tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
Adapun kelebihan dari Pasar persainag sempurna adalah sebgai berikut:
Ø  Karena biaya yang tidak terlalu tinggi, penjual bebas membuka maupun meenutup usahanya.
Ø  Barang yang tersedia di pasar banyak.
Ø  Penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimum.
Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Ø  Penjual tidak dapat memaksimalkan laba Karena laba di tentukan oleh pembeli.
Ø  Hanya ada dalam kondisi Perekonomian ideal.
Ø  Pasar persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
Ø  Pasar persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
Ø   Pasar persaingan sempurna membatasi pilihan konsumen
Ø  Biaya produksi dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Ø  Distribusi pendapatan tidak selalu merata 
2.      Pasar Monopoli
Pasar Monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar? di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “Monopolis”.
Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar  dimana hanya terdapat satu perusahaan saja dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang penganti yang sangat dekat. Biasanya keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan Monopoli adalah keuntungan yang melebih normal dan ini diperoleh karena terhadap hambatan yang sangat tangguh yang di hadapi perusahan – perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang Monopoli dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga.
Ciri – ciri Pasar monopoli
Ø  Pasar Monopoli adalah industri satu perusahan
Ø  Tidak mempunyai barang panganti yang mirip
Ø  Tidak terdapat  kemungkinan untuk masuk dalam industri
Ø  Dapat mempengaruhi penentuan harga
Promosi iklan kurang diperlukan
 Faktor – faktor yang mempengaruhi Pasar Monopoli
Ø  Perusahaan monopoli mempunyai sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
Ø  Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
Ø  Perusahaan monopoli wujud dan berkembang mulalui UU dan peraturan pemerintah.
3.      Pasar Persaingan Monopolistis
Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya adalah pasar yang berada diantar dua jenis pasar yang ekstrem yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu sifat – sifatnya mengandung unsur – unsur pasar monopoli dan pasar persaingan monopolistis dapat didefenisikan sebagai suatu pasar  dimana banyak produsen yang mengahasilkan barang yang berbeda corak  (diferentetiated product).
Kemudian dapat di katagorikan pula dari Pasar persaingan Monopolistis adalah pasar dangan banyak penjual yang menawarkan suatu jenis barang dengan dieffisiensi produk yang berbeda – beda dari segi berkualitas bentuk dan ukuran, contohnya Obat – obatan.
Ciri – ciri Pasar persaingan monopolistis
Ø  Terdapat banyak penjual.
Ø  Produsen dapat mempengaruhi harga.
Ø  Produsen lain mudah memasukkan pasar.
Ø  Promosi penjualan aktif.
4.      Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil dari perusahaan. Biasanya struktur dari industri dealam pasar oligopoli adalah :
·         terdapat beberapa perusahaan raksasa yang    menguasai sebagian besar pasar  oligopoli
·         Terdapat pula beberapa perusahaan kecil.
Beberapa perusahaan golongan pertama (yang menguasai pasar) sangat mempengaruhi satu sama lain karena keputusan dan tindakan oleh salah satu daripadanya sangat mempengaruhi perusahan lainnya.
Ciri – ciri Pasar Oligopoli
Ø  Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
Ø  Kekuasaan menetukan hargaa adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
Ø  Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan. 
Faktor – faktor yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar Oligopoli
Ø  Skala ekonomi;
Ø  Perbedaan biaya produksi;
Ø  Sifat – sifat yang mempunyai keistemewaan yang suka diimbangi dangann perusahaan baru;





















DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2010. Makalah Ekonomi Macam-Macam Pasar. http://fataabdar.blogspot.com/2010/12/makalah-ekonomi-macam-macam-pasar.html

Tidak ada komentar: